Sejak beberapa bulan terakhir, mungkin sejak tahun lalu, RSUD Pasar Minggu punya layanan psikolog di rumah sakitnya. Salah satu yang menyenangkan dari psikolog di RSUD adalah harganya yang relatif terjangkau. Karena penasaran, akhirnya aku mencoba layanan psikolog ini.

Cara Daftar Layanan Psikolog RSUD Pasar Minggu

Untuk saat ini, pendaftaran psikolog di RSUD Pasar Minggu hanya bisa dilakukan secara offline. Jadi, kamu harus datang langsung ke RS dan melakukan pendaftaran di sana. 

Memang sih, poli psikologi tersedia di aplikasi Jaksehat. Tapi kalau melihat di aplikasi, keterangannya selalu saja slot nol. Ketika bertanya langsung ke pihak Rumah Sakit, ternyata memang hanya bisa daftar secara langsung atau offline saja.

Lokasi

Lokasinya ada di lantai 2. Kalau naik dari tangga di atas toko roti Imperial, nanti akan langsung ketemu ruangan di depan tangga. Ada bagian pendaftaran di sana, sampaikan saja kalau mau daftar layanan psikolog.

Biaya Layanan

Setelah itu, akan ada pendaftaran singkat seperti ditanya nama dan usia. Kemudian, akan diarahkan ke kasir yang ada di meja pendaftaran yang sama. Lalu melakukan pembayaran sebesar Rp55.000. Yang terdiri dari administrasi Rp20.000 dan biaya konsultasi Rp35.000.

Sebagai informasi, ada dua pembayaran yang perlu dilakukan. Yaitu sebelum dan sesudah layanan psikolog didapatkan. Biaya Rp55.000 yang disebutkan sebelumnya adalah biaya yang dibayarkan sebelum konsultasi.

Setelah konsultasi, kamu juga perlu datang ke kasir untuk membayar biaya konsultasi tambahan. Karena aku hanya konsultasi, jadi biaya tambahannya hanya Rp35.000. Jadi, total yang kukeluarkan adalah Rp90.000.

Sepertinya biaya kedua ini tergantung dengan layanan yang digunakan. Untuk tes IQ, MMPI, dan layanan lainnya tentu saja akan berbeda.

Pemeriksaan (?)

Aku tidak tahu namanya apa, tapi setelah melakukan pembayaran, kamu akan diarahkan ke meja di dalam. Dari meja registrasi, jalan saja ke dalam sampai mentok, kemudian belok ke kiri. Ada meja pemeriksaan di sebelah kanan.

Di sini, kamu akan diperiksa singkat untuk mengecek tekanan darah dan menandatangani dokumen kesepekatan. Setelah itu, kamu bisa menunggu di area sofa yang disediakan.


Layanan Psikolog RSUD Pasar Minggu

Saat di meja registrasi, aku diinfo kalau akan dapat antrian sekitar jam 12 siang. Nyatanya, sekitar jam 11.45, namaku sudah dipanggil oleh psikolognya, Bu Farida Eka Putri.

Seperti layanan psikolog lainnya, layanan konsultasi berlangsung selama kurang lebih 45 menit. Jadi, kamu bisa memaksimalkan waktu layanan supaya tidak terkena charge tambahan.

Menurutku, psikolog Farida Eka Putri cukup baik dan tidak terlalu judgemental. Layanan konsultasi juga berlangsung dengan baik dan nyaman. Sesekali, Bu Farida akan memberikan saran yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi.

Jadi, waktu 45 menit tidak terlalu terasa lama atau pun sebentar.


Pasca Layanan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, setelah layanan selesai, kamu perlu datang ke meja kasir sekali lagi. 

Sayangnya, karena aku dapat antrian siang, meja kasir di ruangan tersebut sudah tutup. Jadi, pembayaran dilakukan di kasir utama. Lokasinya ada di lantai 2, belakang tangga. Kalau bingung, tidak ada salahnya bertanya pada nurse yang berjaga atau pegawai lainnya.


Salah satu yang aku suka dari pelayanan di RSUD Pasar Minggu adalah staff yang ramah dan sangat membantu.

Kalau kamu tertarik untuk menggunakan jasa psikolog, tidak ada salahnya untuk datang ke layanan psikolog di RSUD Pasar Minggu.