Berdasarkan pengalaman, ada banyak kondisi yang mungkin membutuhkan bantuan tenaga profesional kesehatan mental seperti psikolog dan psikiater. Tapi, kalau boleh disederhanakan, bisa menjadi 3 hal ini saja:

  1. Gangguan Makan
  2. Gangguan Tidur
  3. Gangguan Produktivitas


Gangguan Makan

Ada banyak bentuk gangguan makan, dari mulai lupa makan, merasa tidak butuh makan, menolak makan, hingga makan secara berlebihan. Jika dibiarkan, gangguan makan ini bisa berpengaruh ke kesehatan fisik juga. Yang paling mudah, ya perubahan berat badan.

Gangguan Tidur

Banyak orang menganggap kalau gangguan tidur ini hanya sulit tidur saja. Padahal, gangguan tidur juga termasuk tidur berlebihan. Misalnnya tidur selama 20 jam atau bahkan beberapa hari tanpa sengaja. Bisa juga tidak tidur sampai berhari-hari karena merasa tidak mengantuk, tidak butuh tidur, atau tidak bisa tidur.

Gangguan Produktivitas

Memiliki pikiran negatif atau berpikir berlebihan memang dianggap biasa bagi banyak orang. Tapi, gimana kalau pikiran itu mulai muncul di saat yang tidak tepat? Lalu akhirnya mulai mengganggu produktivitas dan aktivitas sehari-hari?


Kalau kondisi-kondisi di atas mulai dialami, gak ada salahnya untuk mulai meminta bantuan tenaga profesional kesehatan mental, ya!