Buat generasi 90an atau 2000an awal mungkin masih inget sama sinetron Candy yang dulu sempet tayang. Dulu, aku pernah denger kalau sinetron tersebut disadur dari komik dengan judul Candy Candy. Akhirnya, tahun ini aku berhasil menemukan komik tersebut dan membacanya.

So, here some review about this comic in my point of view.

Sinopsis

Pada dasarnya, Candy Candy adalah sebuah cerita romansa yang tentang Candy dan pertemuannya dengan Anthony, cinta pertamanya yang mirip dengan Pangeran Masa Kecil yang dia temui di Bukit Pony. Setelah kehilangan Anthony, Candy bertemu dengan Terry, cinta sejatinya, dan akhirnya berpisah dengan menyedihkan.

Tentang Buku Ini

Candy Candy ditulis pada tahun 1975 oleh Kyoko Mizuki (cerita) dan Yumiko Igarashi (ilustrasi). Candy Candy adalah cerita yang didominasi oleh genre romansa, tragedy, dan drama.

Review

Secara umum, Candy Candy adalah cerita yang bagus. Khususnya kalau dilihat dari kacamata pada tahun karya ini dibuat. Menurutku, beberapa cerita klasik memang akan memiliki kekurangan di sana sini dan terkesan cheezy kalau dibaca dengan kacamata modern.

Sebenernya wajar aja, karena cerita modern cenderung lebih kompleks dan punya storyline yang tentu saja lebih modern. 

Beberapa volume awal Candy Candy terasa agak berat menurutku. Karakter antagonisnya terasa terlalu jahat. Jadi, Candy terasa menderita sekali. Aku pribadi kurang suka dengan plot yang memberikan terlalu banyak kesialan kepada tokoh utama. Tapi, mengingat tahun karya ini dibuat, alur seperti ini memang sangat normal dan wajar.

Misteri tentang Pangeran Masa Kecil Candy memang sedikit mengejutkan. Tapi hal ini mulai bisa ditebak sejak sekitar volume 8 dan semakin jelas di volume 9. Di sisi lain, identitas Uncle William yang diungkap di akhir bagiku terkesan dipaksakan. Apalagi kalau melihat umur dan pengaruh Uncle William yang terkesan di atas Aunt Elroy.

Sehingga, muncul pertanyaan: Apakah pengaruh Uncle William yang lebih besar dari Aunt Elroy hanya karena kekayaannya yang jauh lebih banyak saja?

Selain itu, rasanya agak kurang logis juga karena hanya George, Aunt Elroy, dan (mungkin) Anthony yang tahu identitas Uncle William.

Salah satu kekurangan Candy Candy kalau dilihat dari kacamata modern justru ada di karakter Candy sendiri. Karakter candy yang ekstrovert, periang, dan positif malah terkesan toxic positivity. Banyak kondisi dimana Candy akan menangis dan merasa sedih tapi berusaha untuk bahagia dengan berbagai rasionalisasi.


Namun pada akhirnya, cerita Candy Candy sendiri masih jadi karya yang bagus dan menarik untuk dibaca. Khususnya kalau kita menggunakan kacamata pembaca dari tahun komik ini rilis pertama kali.