Mungkin udah sekitar 7 tahun ya sejak pertama kali ke psikiater. Sampai saat ini, kalau ditotal sepertinya aku udah ketemu sekitar 5 psikiater. Gak tahu itu jumlah yang banyak atau sedikit. Dan selama itu juga, ada beberapa obat yang aku konsumsi.

Biar gak lupa, aku mau tulis daftarnya sebagai journey aja. Pertama, untuk ngebantu aku tahu riwayat pengobatan aku. Dan yang kedua, barang kali ada yang mengalami hal yang sama dan gak sengaja ketemu blog ini.

Here we go,


1. Sertraline

Saat awal pengobatan, diagnosa aku masih depresi. Jadi, obat ini yang pertama kali aku coba. Aku masih inget banget, pertama kali minum obat ini, dunia rasanya cerah sekali. Kaya aku gak pernah ngerasa secerah itu. Dan pikiran aku ringan banget.

Di sisi lain, aku juga ngerasain perasaan gak enak di tenggorokan. Mungkin efek samping dari obatnya. Rasanya kaya ada sesuatu yang nyangkut di tenggorokan dan gak bisa ditelan. Aneh banget. Tapi perasaan itu berkurang setelah masuk pekan kedua atau ketiga.

Sampai suatu hari, aku sempet putus obat selama 3 bulanan. Lalu konsultasi lagi dan dikasih obat yang sama. Setelah 2 pekan konsumsi obat ini, aku jadi masuk ke fase manik dan impulsif banget. Jadi, sama psikiaternya dicoba ganti ke Depakote.

2. Depakote

Ini obat yang paling lama aku konsumsi. Sebenernya gak ada yang gimana-gimana sama Depakote. Kaya cocok aja, mood aku cenderung stabil. Sampe rasanya kaya obatnya tuh gak ngefek lagi. Aku jadi bingung.

Karena pandemi, ke rumah sakit jadi susah. Dan aku sempet berhenti pengobatan selama lebih dari satu tahun.

3. Soroquin atau Quetiapine

Setelah lama berhenti pengobatan, aku mulai merasa kalau semua makanan itu gak fresh dan jadi kesulitan makan. Karena semakin mengganggu, aku balik ke psikiater dan dikasih Depakote bareng sama Soroquin atau Quetiapine ini.

Hari-hari awal sama obat ini tuh berat banget. Aku ngantuk parah dan sempat baru bangun jam 5 sore. Padahal minum obatnya sudah dari malam. Seiring waktu, efek ngantuknya mulai berkurang, tapi gak pernah hilang kurang dari jam 10 pagi. Bahkan meskipun aku minum sekitar jam 7 malam.

Setelah 2 tahun sama obat ini, aku mulai ngerasa gak nyaman sama ngantuknya. Karena psikiaterku gak mau ganti resepnya, akhirnya aku memutuskan buat pindah dokter dan pindah RS.

4. Sertraline (Lagi)

Ini kali kedua aku dan Sertraline. Setelah aku konsultasi ke psikiater yang baru, psikiaternya bilang untuk coba konsumsi Sertraline bareng Depakote. Salah satu alasannya karena fase depresi aku lebih sering muncul dari fase manik. Ditambah obat tidur, kalau perlu.

Sampai saat tulisan ini dibuat, aku sudah masuk pekan kedua konsumsi Sertraline bareng Depakote. Perasaan nyangkut di tenggorokannya masih ada, ditambah lagi, aku juga sakit kepala berat, sempat muntah, diare, gampang keringetan, dan agak tremor dikit. Juga susah tidur, meskipun aku sudah minum obat tidur.

Awalnya, aku konsumsi Sertraline malam, tapi aku akan coba buat konsumsi di siang hari. Siapa tahu aku jadi lebih mudah tidur malamnya.

5. Lorazepam

Selain Sertraline dan Depakote, aku juga dikasih Lorazepam. Katanya untuk bantu aku supaya bisa tidur. Dan gak perlu dikonsumsi setiap hari. Cukup di hari-hari aku merasa kesulitan aja.

Sampai saat ini, obatnya masih gak terlalu ngefek. Aku gak tahu berapa lama Lorazepam bekerja. Tapi, kalaupun aku minum di jam 9 atau 10 malam, aku masih belum ngantuk bahkan setelah jam 12 malam.


Selain obat di atas, sebenernya aku sempet diresepin 1 jenis obat lain untuk fase manik dan 1 obat racikan. Tapi karena suatu hal, belum sempat aku tebus. Jadi, aku cuma bahas obat yang pernah aku konsumsi saja.

Di titik ini, aku ngerasa kalau pengobatan tuh journey banget. Jadi gak selalu prosesnya mulus. Aku juga coba terima kalau bolak balik jenis obat dan dosis tuh sesuatu yang wajar. Bahkan aku juga mulai nerima kalau minum obat adalah rutinitas yang biasa aja.

Kalau kamu ngerasain hal yang mirip sama aku, semoga tulisan ini membantu, ya!