Kemarin, saya dan suami akhirnya pergi ke Ragunan. Dan seperti biasa, meski sambil bengek tubuh yang tidak terlatih, saya tetap bawel dan membicarakan ini itu. Syukurnya, saya punya suami yang mau diajak mengobrol random.

Salah satu yang kami bicarakan hari kemarin adalah soal uniknya persahabatan perempuan.

Hari itu, tiba-tiba saja suami bertanya tentang tren gathering grup idol perempuan. Lalu saya teringat soal kalimat suami teman saya yang bilang kalau pertemanan perempuan itu mahal.

Dengan asumi kalau circle pertemanan tersebut juga merupakan circle idoling, setidaknya ada beberapa perayaan yang perlu dipertimbangkan:


1. Hari Ulang Tahun Idol

Sebagai fans, ulang tahun idol adalah salah satu yang istimewa. Ada banyak cara untuk merayakan momen ini. Misalnya dengan mengadakan gathering atau membagikan merchandise.

Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, tentu saja perlu uang yang tidak sedikit.

Gathering misalnya, pelaksanaan gathering tentu saja memerlukan lokasi yang umumnya di cafe. Karena itu, diperlukan biaya sewa kafe. Belum termasuk dekorasi kafe yang ditata menarik. Tentu saja harus lengkap dengan foto idolnya.

Membagikan merchandise juga mungkin tidak semurah kelihatannya. Salah satu tipe merchandise yang menurut saya menarik adalah cup sleeve. Kadang, cup sleeve diberikan bersama dengan minuman gratis. Atau bekerja sama dengan tenant brand tertentu.


2. Bridal Shower

Sebuah acara pesta yang diadakan oleh teman-teman calon mempelai wanita. Biasanya, bridal shower diadakan sebagai kejutan. Karena itu, calon mempelai wanita belum tentu tahu tentang perayaan ini.

Bridal shower umumnya dilaksanakan di cafe, restoran, atau bahkan hotel. Karena berupa kejutan, maka teman-teman calon pengantin yang akan patungan untuk menunjang kebutuhan.


3. Bridesmaid

Kalau biaya bridal shower berasal dari teman calon pengantin, maka biaya bridesmaid berasal dari pengantin atau keduanya. 

Biasanya, biaya bridesmaid mencakup bahan baju atau baju jadi. Seringkali, pengantin hanya memberikan bahan baju, sehingga bridesmaid perlu mengeluarkan dana untuk ongkos jahit.


4. Baby Shower

Another shower! Baby shower umumnya diadakan saat salah seorang teman sedang hamil. Untuk menyambut kelahiran sang buah hati, maka orang tuanya akan membuat perayaan yang hanya mengundang keluarga dan teman terdekat.


Selain 4 moment tersebut, tentu saja masih banyak momen lain yang rasanya perlu dirayakan. Seperti ulang tahun, momen lulus sidang (kalau kuliah), arisan, dan lain sebagainya.

Bagi sebagian orang, rangkaian kegiatan ini memang memiliki tujuan dan manfaat baik. Salah satunya menjaga hubungan. Namun, biaya yang tidak sedikit mungkin perlu jadi pertimbangan. 

Apalagi kalau muncul perasaan tidak adil atau terlupakan jika momen salah satu teman lebih mewah dari teman lainnya. Bukannya menjaga pertemanan, akhirnya malah saling tidak suka. Atau bahkan malah memutus hubungan pertemanan.

Tidak ada salahnya merayakan kegiatan-kegiatan tersebut. Hanya saja, jangan sampai memaksakan kondisi finansial kita atau orang lain yang terlibat di dalamnya.