Perlu perform setiap hari tentu saja membuat member JKT48 harus selalu terlihat segar dan fresh setiap saat. Hal ini tentu saja tidak lepas dari make up dan foundation yang digunakan. Sejak lama, rahasia bedak JOT menjadi isu yang menarik di kalangan fans. 

Nah, kali ini aku mau share beberapa rekomendasi foundation yang dipakai member dan eks member JKT48.

1. MAYBELLINE Superstay Full Coverage Foundation

Foundation dari Maybelline memang termasuk salah satu foundation favorit banyak orang. Termasuk Jinan JKT48.

Foundation Maybelline Superstay Full Coverage Foundation diklaim dapat bertahan selama 24 jam. Selain itu, coverage yang diberikan juga mumpuni untuk membuat tampilan wajah yang lebih flawless.

Harga: start from Rp 208.000


2. KATE Tokyo The Base Zero Powdery Foundation

Foundation dari Kate Tokyo ini jadi pilihan Rachel ex-JKT48 saat masih menjadi member. Kate sendiri merupakan brand drugstore asal Jepang yang masih sister brand dengan Kanebo.

Uniknya, foundation ini akan terasa berubah jadi seperti bedak setelah diaplikasikan ke wajah. Karena itu, jika ingin tampilan yang merata, pastikan foundation telah teraplikasi sempurna di satu bagian sebelum pindah ke bagian yang lain.

Jika biasanya foundation akan menjadi satu tingkat lebih gelap setelah oksidasi, Kate justru sebaliknya. Foundation ini justru akan menjadi lebih cerah satu tingkat setelah beberapa saat. Akan tetapi, hasil coveragenya cenderung sheer to medium dengan satin finish.

Harga: start from Rp 351.000


3. MAX FACTOR Ageless Elixir Foundation

Warna kulit Rachel yang cenderung gelap membuatnya harus sedikit mengakali foundation yang digunakannya. Karena itu, selain menggunakan Kate, Rachel juga menggunakan foundation dari Max Factor.

Foundation satu ini dilengkapi dengan formula yang melembabkan. Sehingga cocok untuk pemilik kulit kering. Warna shade foundation Max Factor juga tidak terlalu berubah setelah oksidasi. Sehingga tidak memberikan kesan kucel atau memakai topeng.

Selain itu, foundation Max Factor ini juga mudah diblend, baik menggunakan kuas atau spon. Hasil coveragenya cenderung ringan ke medium. Sehingga cocok untuk aplikasi sehari-hari.

Harga: start from Rp 134.900


4. ESTEE LAUDER Double Wear Foundation

Tidak heran jika Vanka memilih Estee Lauder sebagai foundation yang digunakan. Khususnya saat acara khusus seperti event handshake yang panjang. Foundation ini memberikan ketahanan yang cukup lama. Sehingga cocok digunakan saat kegiatan-kegiatan panjang.

Sayangnya, foundation ini terasa terlalu kering untuk kulit Vanka dan Rachel. Mungkin akan lebih tepat digunakan oleh pemilik kulit wajah yang cenderung berminyak.

Harga: start from Rp 595.000


5. INNISFREE My Foundation

Bukan hanya Siska JKT48, beberapa member lain seperti Anin JKT48 dan Zara JKT48 juga menggunakan personalized foundation ini.

Menariknya, Innisfree menyediakan 3 jenis finish, 5 tingkat coverage, dan 10 shade yang bisa disesuaikan dengan kondisi kulit wajah. Dengan kata lain, ada sekitar 150 kemungkinan yang bisa dipilih.

Harga: start from Rp 325.000


6. YSL All Hours Foundation

Foundation YSL All Hours Foundation ini cocok banget untuk pemilik kulit oily yang bingung cari foundation tahan lama. Formulanya mampu memberikan kesan flawless sepanjang hari. Selain itu, coverage yang dihasilkan cenderung medium to full coverage. Cocok untuk digunakan saat kegiatan sepanjang hari.

Tidak heran Michelle menjadikan foundation ini sebagai pilihan.

Harga: start from Rp 925.000


7. NYX Stay Matte Not Flat

Foundation dari NYX yang digunakan Siska JKT48 juga bisa jadi pilihan tepat. Harganya tidak terlalu mahal dibandingkan dengan hasil coverage yang dihasilkan.

NYX Stay Matte Not Flat mampu memberikan full coverage dengan sensasi ringan. Bahkan setelah diaplikasikan sampai 3 layer. Foundation ini dibuat dengan formula water based dan tambahan mineral di dalamnya.

Harga: start from Rp 194.000


8. BORJUIS Healthy Mix Anti Fatigue Foundation

Bagi pemilik kulit cerah seperti Desy bisa mempertimbangkan foundation dari Borjuis sebagai pilihan. Foundation ini memiliki 3 shade yang bisa dipilih sesuai dengan warna kulit yang dimiliki. Selain Desy, foundation ini juga pernah digunakan oleh Sinka eks JKT48.

Teksturnya seperti gel dengan campuran serum dan vitamin. Hasil akhirnya cenderung dewy, terasa ringan, dan tanpa kesan lengket yang mengganggu. Namun, coveragenya cenderung ringan. Sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari dan memberikan kesan natural.

Harga: start from Rp 270.000


Selain 8 foundation tersebut, berikut ini adalah beberapa foundation lain yang digunakan oleh member dan eks-member JKT 48:

9. MAYBELLINE Fit Me! Matte + Poreless


Foundation ini digunakan Lisa untuk perform saat masih menjadi member JKT48.

Harga: start from Rp 186.000


10. FOCALLURE StayMax Long Wear High Coverage Foundation 

Foundation ini pernah digunakan oleh Anin JKT48.

Harga: start from Rp 35.000


11. SHU UEMURA  Unlimited Fluid Foundation

Foundation ini digunakan oleh Shani JKT48 dan Michelle.

Harga: start from Rp 730.000


12. DIOR DiorSkin Star Studio Make Up Long Wear Foundation

Foundation ini pernah digunakan oleh Anin JKT48.

Harga: start from Rp 845.000


Nah, itulah 12 rekomendasi foundation yang digunakan member dan eks member JKT48. Dari 12 foundation tersebut, adakah yang sama dengan yang kamu pakai?