Rasanya, hampir setiap orang pasti menulis saat ini. Yang paling sederhana ya menulis sosial media. Entah itu caption Instagram, Instagram Story, Tweet, WA Story, atau Facebook kalau masih pakai.

Aku pribadi kadang suka menganggap bahwa platform sosial media mirip-mirip lah sama buku harian jama sekolah dulu. Bedanya, buku harian hanya kita yang tahu, disimpan rapat-rapat jangan sampai ada yang baca.

Sementara, sosial media seringkali sebaliknya. Kadang kita menulis di sosial media untuk berbagi, kadang menyindir seseorang, kadang ya update aja. Ga ada pikiran apa-apa. Kalau kata seseorang, "My platform, my rule!"

Tapi apa iya? Kadang kita juga suka nyesel ga sih ga lama setelah update di sosmed? Terus akhirnya dihapus lagi.

Belajar dari pengalaman, aku merasa kalau sebenarnya ada waktu terbaik untuk menulis. Tapi pertanyaan sebenarnya bukan "Kapan" tapi "Bagaimana" dan "Untuk Apa".

Bingung ya? Ya sudah, maksudnya begini...


1. Ketika Ingin Mencurahkan Perasaan


Sebagai manusia, kadang ada waktunya kita pengen banget mencurahkan perasaan. Entah itu marah, sedih, bahagia, apalagi bucin. Kalau lagi bucin, rasanya segala hal emang pengen disharing aja. Bukan buat pamer keuwuan, tapi emang pengen aja. Ga bisa ditahan.

Sebenernya emosi yang lain juga sama. Ada momen ketika kita merasakan suatu perasaan dan ga bisa nahannya. Dia membuncah gitu aja. Terus kita ga tau mau curahin kemana. Lalu mungkin yang paling dekat ya ponsel. Jadi kita buncahin di sana.

Kalau emang tujuan kita nulis buat mencurahkan perasaan, ya gapapa. Lakuin aja.

Tulisan di saat begini tuh biasanya amburadul. Ga enak kalo dibaca lagi nanti. Soalnya berantakan. Kaya pas kita cerita ke temen pas lagi naksir orang atau benci banget sama orang. Seberantakan itu. Dan itu wajar.

Cuma ya balik lagi, ga enak dibaca. Ga bakalan enak dibaca. Buat kita apa lagi orang lain. Jadi biasanya sih tulisan macem gini tipe-tipe tulisan delete soon.

Tapi kalau kamu ga pengen malu atau ngerasa cringe, tulisan dengan tujuan mencurahkan perasaan ini bisa kamu tulis aja di buku atau di notes HP. Kalau godaannya pengen ke sosmed, bisa di close friend atau second account lah ya.

Tapi lebih bagus emang ke orang langsung. Misalnya significant other, sohib erat, atau grup BFF yang emang biasa jadi tempat sampah temen satu circle. Jadi kalo kamu ngerasa cringe setelahnya, ya mereka udah paham. Emang kamu mah gitu orangnya.


2. Ketika Ingin Menyelami Perasaan Sendiri


Kadang, aku suka ngerasain suatu perasaan yang entah apa atau entah sebabnya apa. Kaya perasaan ga enak, sedih tiba-tiba, atau bahagia tiba-tiba. Yang terakhir sih jarang, tapi anggap aja ada lah ya.

Aku belajar kalau perasaan kaya gitu tuh sebenernya ga boleh diabaikan. Diri kita lagi minta didengerin. Tapi ga tau gimana caranya supaya sampai. Jadi yang kita rasa cuma ga enak aja. Udah.

Kalau lagi kaya gitu, kadang aku nulis juga. Tulisannya bisa panjang kaya sekarang. Tapi lebih ga jelas sih. Soalnya aku bakal nulis sejak kapan aku merasakan perasaan itu, apa yang aku alami sebelumnya, apa yang aku pikirkan saat itu, dan masih banyak lagi.

Biasanya sih, nulisnya bakal berhenti kalau aku ketemu inti permasalahannya. Yang... yah, biasanya emang sepele banget. Tapi gapapa.

Tulisan kaya gini, sebenernya ga perlu diworo-woro ke orang, jadi biasanya aku nulis di sosmed yang sepi, di blog, atau di buku. Iya, aku kadang masih nulis jurnal harian alias diary. Kalau perlu, bisa sampai 5 halaman lebih. Tapi gapapa. Setelahnya aku lega.


3. Ketika Ingin Berbagi


Setelah dua fase di atas selesai, biasanya pikiran bakal lebih jernih. Bakal lebih keliatan deh gambaran besar ceritanya tuh apa, yang mau kita ceritain tuh apa, yang kita temukan tuh apa.

Biasanya, tulisan kaya gini bakal insightful, ga selalu insightful banget, tapi ya cukup insightful. Minimal buat kita sendiri. 

Tulisan model gini dibikin setelah otak kembali adem. Setelah marah, kecewa, kaget, bahagia, dan buncahan perasaan lainnya mereda. Atau setelah perasaan ga jelas kita menemukan alasannya.

Tulisan model gini, kalaupun dishare juga seringnya ga bikin malu. Jadi ya gapapa, share aja.


Ya, gitu sih. Jadi sebenernya, nulis mah bisa kapan aja. Tergantung tujuan nulisnya. Kalau kamu pengen ngomel-ngomel atau ngebucin, ya tulis aja. Kalau kamu ngerasa bingung, ya tulis aja. Kalau kamu ngerasa ada hal baik yang bisa dishare, ya bagus kalo ditulis.

Menurutku, ga ada tulisan yang jelek. Soalnya semua tulisan tuh ada tujuannya. Ada manfaatnya. Minimal buat yang nulis. Dah, gitu aja.