Kalau kamu penikmat dongeng, adaptasi satu ini rasanya terlalu menggoda untuk dilewatkan begitu saja. Netflix Series Once Upon a Time menawarkan kisah tokoh-tokoh dongeng yang kita kenal dengan kemasan yang berbeda.

Sebutlah Snow White, Prince Charming, Evil Queen, Tudung Merah, Pinocchio, Jimminy, dan lain-lain. Biasanya mereka akan diceritakan dalam kisah yang berbeda di negeri antah berantah. Namun, Once Upon a Time menceritakan lebih dari itu.

Dalam Series ini, setiap karakter berada di satu cerita yang sama. Saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Dan hebatnya lagi, di suatu kota di Amerika, tepatnya di kota Storybrooks.


Sekilas tentang Once Upon a Time
Series Once Upon a Time menceritakan kisah setelah pernikahan Snow White dan Prince Charming. Setelah mereka menikah dan anak mereka lahir.

Sang Ratu Jahat yang diasingkan masih menyimpan dendam dan memutuskan untuk menjalankan sebuah kutukan. Memindahkan penduduk negeri dongeng ke dunia tanpa sihir. Dunia kita.

Di dunia yang baru ini, setiap orang kehilangan ingatan soal kehidupan dan siapa dirinya di negeri dongeng. Mereka hanya ingat soal kehidupannya sebagai warga Storybrooks, dengan Evil Queen, Regina, sebagai walikotanya.

Tapi, sebelum kutukan dijatuhkan, Snow White dan Prince Charming berhasil menyelamatkan anak mereka. Anak yang diramalkan dapat mematahkan kutukan tersebut, 28 tahun kemudian.

Menarik bukan?
Tapi kali ini aku mau cerita secara khusus tentang the Evil Queen, alias Ratu Jahat, alias Regina.


The Evil Queen dalam Snow White yang Kita Tahu

Siapa yang tidak tahu the Evil Queen? Karakter Ratu Jahat dalam kisah Snow White

Dalam kisah Snow White, sang ratu adalah istri raja setelah ibu Snow White meninggal. Sang Ratu memiliki sebuah cermin ajaib yang dapat menjawab segala pertanyaan.

Setiap hari, Sang Ratu selalu bertanya tentang gadis paling cantik di kerajaan tersebut. Dan Cermin Ajaib selalu menjawab bahwa Sang Ratu adalah yang paling cantik.

Sampai ketika Snow White dewasa dan tumbuh cantik. Ketika Sang Ratu bertanya pada Cermin, Cermin Ajaib menjawab Snow White yang tercantik. Saat itu Sang Raja telah wafat. Hanya ada Ratu dan Snow White di istana.

Ratu yang obsesi menjadi yang paling cantik diliputi cemburu. Dia mengutus seorang pemburu untuk membunuh Snow White. Namun pemburu tersebut malah pulang dengan hati kijang yang diakui sebagai hati Snow White.

Tapi Sang Ratu akhirnya tahu. Dia memutuskan untuk Membereskan Snow White dengan tangannya. Sang Ratu memberikan kutukan tidur pada Snow White melalui apel beracun. Sayangnya, kutukan tersebut berhasil dipatahkan dengan ciuman dari pangeran.

Sad ending untuk Sang Ratu.


The Evil Queen dalam Once Upon a Time

Evil Queen dalam Once Upon a Time tetap digambarkan sebagai ratu jahat. Hanya saja, dia memiliki nama, yaitu Regina. Series ini juga memberikan alasan dan latar belakang mengapa seorang Regina bisa menjadi Evil Queen yang jahat dan membenci Snow White.

If you wonder why, here is the story.

Sebelum menjadi ratu, Regina adalah gadis biasa yang senang berkuda dan cenderung tomboy. Dia menyukai seorang laki-laki, Daniel, penjaga kandang kuda.



Ibunya, Cora, adalah pengguna sihir, meski Regina tidak menyukai sihir. Ibunya juga berambisi untuk memiliki segalanya. Dan menikahi seorang penjaga kandang kuda tidak ada dalam daftarnya.

Suatu hari, Sang Raja berkeliling negeri untuk mencari istri agar Snow White memiliki seorang ibu. Dalam kunjungan tersebut, Snow White menaiki seekor kuda yang mendadak mengamuk. Tentu saja hal ini merupakan rencana Cora.

Regina dan Daniel yang sedang bertemu mendengar jeritan Snow White. Sigap, Regina naik ke kuda dan menyelamatkan Snow White.

Sebagai bentuk terima kasih, Raja melamar Regina. Lamaran tersebut diterima oleh Cora sebagai Ibu Regina. Namun Regina mencintai Daniel dan merencanakan kawin lari berdua sebelum pernikahan dilangsungkan.

Saat keduanya bertemu di kandang kuda, Snow White datang dan memergoki keduanya sedang berciuman. Regina mengejar Snow White dan menjelaskan duduk perkaranya. Snow White mengerti dan ingin Regina bahagia. Lalu Regina meminta Snow White untuk merahasiakan hal tersebut dari ibunya, Cora.

Naas, Cora yang manipulatif membuat Snow White percaya padanya dan berhasil membuat Snow White bicara. Di malam saat Regina dan Daniel akan kawin lari, Cora membunuh Daniel di depan mata Regina.

Cora juga memberikan kutukan pada Regina sehingga tidak bisa jauh dari Raja selama Sang Raja hidup. Karena itu, mau tidak mau, Regina menikahi Sang Raja.

Saat fitting baju pernikahan, Snow White menghampiri Regina dan dengan polosnya mengatakan bahwa dia bahagia karena Cora mau memahami Regina. Dari situ, Regina tahu bahwa Snow White lah yang membuat Cora tahu bahwa dia akan pergi bersama Daniel.

Sejak saat itu, kebencian Regina pada Snow White mulai tumbuh. Dan dengan bantuan Rumplestilskin, dia mulai mempelajari sihir.


It's quite long story. Jadi kita sampai sini dulu.

Selanjutnya, aku akan post perjalanan the Evil Queen dalam Once Upon a Time.
Mulai dari, kenapa Cora, ibu the Evil Queen hilang?
Bagaimana Regina menjadi Evil Queen?
Dan di mana kah Cermin Ajaib?


Selanjutnya:
Kisah Regina, The Evil Queen, Ratu Jahat dalam Once Upon a Time (part 2)