Biasanya sih tidak mudah untuk menulis setiap hari. Pun tahun ini, aku juga tidak akan membuat target bisa menulis sepanjang tahun juga sih.

Belakangan, aku memilih untuk menjadikan hal-hal yang menyenangkan tetap sebagai hobi. Bukan sesuatu yang wajib dilakukan. Meskipun... membangun kebiasaan baik yang produktif memang bagus sih. Tapi kalau semua hal dilakukan sebagai kewajiban, bagaimana kita akan bersenang-senang?

Tidak terasa, sudah lebih dari 5 tahun aku menjadikan menulis sebagai pekerjaan. Mulai dari copywriter Annual Report, content writer website, dan kini sebagai Product Detail Page content writer. Di sela-sela itu, kadang aku membuat tulisan juga di sosial media, membuat beberapa akun sebagai hobi, dan akhirnya, kembali ke blog.

Biasanya, Januari adalah saat dimana aku rutin menulis. Ada gerakan 30 hari bercerita di Instagram. Yang ternyata sudah kuikuti sejak tahun 2017. Dan di tahun 2021 kemarin, proyek 30 HBC juga menjadi proyek penulisan buku pertamaku. Rasanya menyenangkan.

Tapi di tahun ini, aku ingin menjalani segalanya dengan lebih santai. Aku menulis saat aku ingin. Aku berbagi saat aku mau.

Akhir 2021 lalu, aku memutuskan untuk diet sosmed. Hal tersebut berlanjut sedikit hingga beberapa bulan. Tentu saja ada hal baik yang kurasakan. Meski makin kesini, rasanya tidak signifikan. Tapi yang pasti, kecenderunganku untuk oversharing berkurang. Aku juga jadi lebih damai dan tidak lagi merasa perlu dengan validasi orang lain.

Sebenarnya, aku tetap ingin bisa menulis 30 hari di bulan Januari. Juga ingin bisa menulis sepanjang tahun. Tapi kalau memang tidak sempat atau memang sedang tidak bisa, aku juga akan belajar memaafkan diri sendiri.

Selamat tahun baru, semoga banyak hal baik terjadi di tahun ini!