Beberapa waktu lalu, muncul tulisan tentang betapa sulitnya punya anak. I mean, secara finansial, memiliki anak tentu saja membutuhkan banyak biaya. Bahkan, ada yang secara kasar mengatakan kalau butuh sekitar Rp 3 milyar Rupiah untuk membesarkan seorang anak sejak dia lahir sampai dengan mandiri.

Seakan menjadi pembanding dari hal tersebut, katanya memiliki peliharaan jauh lebih menyenangkan dan lebih tidak stress dibandingkan dengan memiliki anak. Tapi... pernahkah kita menghitung berapa biaya sebenarnya untuk memiliki peliharaan? Sebutlah kucing atau anjing yang paling sering dijadikan peliharaan.


Biaya Hewan Peliharaan Bukan Biaya yang Remeh

Memiliki hewan peliharaan adalah suatu tanggung jawab tersendiri. Bersama tanggung jawab tersebut tentu saja ada biaya dikeluarkan. Rasanya tidak adil jika kita hanya menikmati masa lucu hewan tersebut saja tanpa mempertimbangkan hal-hal lainnya. Paling sederhananya, ya makanan dan kesehatan si hewan.

Aku pribadi bukan penikmat hewan peliharaan, juga tidak memiliki hewan peliharaan. Alasannya sederhana saja: takut. Meski mereka terlihat menggemaskan, aku takut menyentuh hewan-hewan tersebut.

Tapi sepertinya menarik mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan untuk merawat hewan peliharaan dengan layak.


Biaya Memiliki Kucing Sebagai Hewan Peliharaan



Di antara beragam hewan peliharaan yang ada, kucing adalah hewan paling umum yang dijadikan peliharaan. Bahkan ada banyak kucing liar yang siap diadopsi oleh siapa saja yang mau dan peduli.

Beberapa waktu lalu, aku menemukan video yang memperlihatkan kucing kecil yang diadopsi. Malangnya, kucing tersebut seperti kurang dirawat. Alhasil, dalam beberapa pekan, bulu kepala kucing tersebut mulai rontok dan hampir botak. Mungkin karena kutu atau hal lainnya.

Banyak orang berpikir untuk memiliki kucing yang lucu, namun enggan memberikan makan yang layak atau mengantarnya ke dokter saat sakit.

Nah, kalau kamu pecinta kucing, coba deh spill berapa biaya yang diperlukan untuk merawat satu ekor kucing dengan layak?


Biaya Memiliki Anjing Sebagai Hewan Peliharaan



Selain kucing, anjing juga menjadi hewan favorit lain yang kerap dijadikan hewan peliharaan. Sedikit berbeda dengan kucing, anjing sepertinya membutuhkan biaya perawatan yang lebih mahal. Mulai dari makanan yang dikonsumsi, slow feeder, fasilitas lainnya, hingga perawatan kesehatannya.

Kamu bisa berbagai berapa sih biaya perawatan anjing yang diperlukan kalau mengadopsinya sejak kecil sampai dengan dewasa?


Biaya Memiliki Burung Sebagai Hewan Peliharaan



Hewan domestik lain yang sering dijadikan peliharaan adalah burung. Meski berukuran lebih kecil, merawat burung juga membutuhkan perhatian dan ketelatenan dari pemiliknya. Mulai dari biaya perawatan kandang, perawatan burung, pakan yang dikonsumsi, camilan, dan lain sebagainya.

Apakah merawat burung lebih murah dari perawatan kucing dan anjing? Atau sebaliknya, malah lebih mahal dari keduanya?


Biaya Memiliki Ikan Sebagai Hewan Peliharaan



Sebagian orang ada yang lebih senang memelihara ikan sebagai hewan peliharaan. Dibandingkan dengan kucing dan anjing, memelihara ikan sepertinya lebih simpel. Salah satunya karena ikan hanya diam di dalam akuarium. Di samping itu, suara air akuarium bisa menjadi white noise tersendiri yang memberikan ketenangan.

Beberapa waktu lalu, aku melihat video seorang bapak yang mengisi akuarium ikannya dengan lima galon air mineral. Terdengar cukup mahal. Atau memang memiliki ikan ternyata tidak semudah kedengarannya?

Apa saja perawatan yang dibutuhkan untuk memelihara ikan? Dan berapa biaya yang dibutuhkan untuk itu semua?


Pada dasarnya, memiliki hewan peliharaan atau memiliki anak adalah suatu tanggung jawab yang kita miliki. Meskipun hewan berbeda dengan manusia, bukan berarti kita boleh menelantarkannya saat sakit. Sayangnya, biaya perawatan hewan yang terkesan mahal membuat beberapa orang enggan membawanya ke dokter hewan dan menganggap hal tersebut wajar saja.

Bagaimana menurutmu?