Kemarin akhirnya memberikan diri untuk ke psikolog di rumah sakit rumah. Barangkali banyak yang penasaran juga tentang pengalaman pergi ke psikolog di rumah sakit, kali ini aku mau sharing pengalaman tersebut lewat tulisan di sini.

Umumnya, ada beberapa pertanyaan yang muncul tentang pengalaman pergi ke psikolog di rumah sakit. Pertanyaan ini juga muncul saat aku mempertimbangkan untuk pergi. Sayangnya, ga banyak informasi yang menjelaskan tentang hal ini. Beberapa pertanyaan tersebut adalah:

  1. Berapa harga konsultasi psikolog di rumah sakit?
  2. Apakah biaya konsultasi bisa dicover BPJS atau asuransi lainnya?
  3. Bagaimana cara mendaftar konsultasi psikolog di rumah sakit?
  4. Apa yang harus dikatakan saat konsultasi ke psikolog di rumah sakit?

Kali ini, aku mau bahas pertanyaan umum tersebut dulu ya.

Berapa harga konsultasi psikolog di rumah sakit?

Salah satu ketakutan untuk konsultasi ke rumah sakit adalah biaya konsultasi yang lumayan besar. Sebagai perkiraan, biaya konsultasi psikolog umumnya berkisar di angka 150 ribu Rupiah hingga 250 ribu Rupiah. Atau bisa lebih dari itu.

Karena khawatir, kemarin aku membawa sekitar 300 ribu Rupiah. Tapi ternyata harga konsultasi psikolog di RSUD Jagakarsa jauh lebih murah dari itu. Untuk biaya konsultasinya saja hanya sebesar 30 ribu Rupiah.

Akan tetapi, jika ada tindakan lain yang diperlukan, ada kemungkinan diperlukan biaya tambahan. Saat aku berkunjung kesana, aku meminta tindakan asesmen. Untuk asesmen ini dikenakan biaya tambahan sebesar 150 ribu Rupiah.

Tarif ini mungkin berbeda-beda antara satu rumah sakit dengan rumah sakit lainnya. Tapi seharusnya tidak jauh berbeda antara satu RSUD dengan RSUD lain.

Bagaimana kalau kita tidak membawa cukup uang?

Di RSUD Jagakarsa sendiri ada ATM yang bisa dimanfaatkan. Sayangnya, hanya tersedia ATM dari Bank DKI saja. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya memang membawa uang lebih saat datang ke rumah sakit.

Apakah biaya konsultasi bisa dicover BPJS atau asuransi lainnya?

Biaya konsultasi ke psikolog tidak dicover oleh BPJS. Jadi kamu harus mengeluarkan dana dari kantong pribadi. Namun, tidak menutup kemungkinan kalau biaya konsultasi ini mungkin saja dicover oleh asuransi lainnya. Karena itu, pastikan dulu apakah asuransi yang kamu pakai mengcover biaya konsultasi ke psikolog atau tidak.

Meski begitu, BPJS mengcover biaya konsultasi ke psikiater. Ada perbedaan antara psikolog dan psikiater. Secara umum, psikolog tidak memiliki kewenangan untuk meresepkan obat, sementara psikiater biasanya dapat memberikan resep obat jika dibutuhkan.

Bagaimana cara mendaftar konsultasi psikolog di rumah sakit?

Cara mendaftar konsultasi di psikolog rumah sakit sebenarnya sama saja dengan cara daftar sebagai pasien sakit lainnya. Tapi kalau kamu bingung, tidak ada salahnya bertanya kepada satpam atau petugas yang terlihat available untuk ditanya. Mereka akan berbaik hati untuk menunjukkan caranya.

Untuk di RSUD Jagakarsa sendiri, saat ini tersedia layanan pendaftaran online melalui aplikasi JAGO. Meski begitu, kamu tetap bisa melakukan pendaftaran secara langsung sih. Hanya saja, untuk layanan psikologi hanya tersedia 5 slot setiap harinya. Mulai dari hari senin - sabtu. Karena itu, mendaftar melalui aplikasi akan lebih nyaman dan pasti dibandingkan datang langsung.

Apa yang harus dikatakan saat konsultasi ke psikolog di rumah sakit?

Sebaiknya, kamu tahu apa yang ingin kamu katakan sebelum datang ke rumah sakit. Tidak harus banyak, pastikan saja kamu tahu apa yang mengganggumu beberapa waktu terakhir. Selanjutnya, psikolog di rumah sakit akan membantu kamu untuk bercerita dan mengungkapkan hal-hal yang seharusnya kamu ungkapkan.

Akan lebih baik kalau kamu menceritakan segalanya secara jujur sesuai yang kamu rasakan. Jangan menutupi terlalu banyak agar konsultasi bisa berjalan dengan baik. Nantinya, psikolog mungkin akan memberikan jadwal kunjungan berikutnya jika dirasa perlu. Jika tidak, psikolog juga akan mengatakannya padamu. Namun, kamu bebas untuk melakukan konsultasi lagi jika dirasa perlu.

Itulah beberapa hal yang kudapat dari pengalaman konsultasi ke psikolog di RSUD Jagakarsa. Kalau kamu punya pertanyaan lain, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar ya!